Mengenal Apa itu ExpressJS? Serta Fungsi dan Manfaatnya

Pemrograman Web 26 Mei 2021

Jika anda merupakan seorang web developer maka anda akan mengenal dengan baik apa itu ExpressJS. Namun bagi pemula hal ini tentu akan sedikit lebih rumit dari pada yang terlihat. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskannya dengan sederhana agar anda bisa memahaminya dengan baik.

ExpressJS merupakan sebuah inovasi terbaru dalam pembuatan web app. Dengan menggunakan ExpressJS maka kita bisa lebih mudah dalam membuat sebuah aplikasi web. Ketimbang menggunakan modul http dari node js, ExpressJS menawarkan hal yang lebih baik.

Apa itu ExpressJS?

ExpressJS merupakan sebuah kerangka kerja aplikasi web yang berada di bawah lisensi MIT yang dibuat guna membangun aplikasi web dan API yang lebih mudah. ExpressJS bahkan disebut sebagai kerangka server berstandar de facto.

ExpressJS merupakan framework  yang menawarkan berbagai fitur yang sangat menarik seperti rendering view, routing serta sudah support middleware. Hal ini tentu akan memudahkan anda ketika mengembangkan aplikasi node js.

Untuk apa ExpressJS?

Dilikat dari sisi fungsi dan manfaatnya, ExpressJS tentu memiliki banyak sekali manfaat. Dalam dunia programing, ExpressJS memiliki peran yang sangat penting. Bahkan dikatakan sebagi sebuah inovasi terbaru dalam dunia app web.

Adapun beragam jenis manfaat yang bisa didapatkan oleh seorang developer ketika membangun web app diantaranya adalah sebagai berikut:

Proses pengerjaan menjadi lebih mudah

Dengan menggunakan ExpressJS maka proses pembuatan web app menjadi sangat lebih mudah. Bahkan mereka yang masih pemula bisa memulainya dengan sedikit lebih gampang ketimbang pakai http dari node.js.

Pengerjaan web app menjadi lebih cepat

Dengan beragam jenis fitur yang dimiliki oleh ExpressJS serta fleksibilitas yang dimilikinya, membuat para web app developer lebih mudah dalam membuatnya. Proses kerja menjadi lebih cepat dan lebih nyaman.

Tampilan web app menjadi lebih menarik

Dengan menggunakan ExpressJS maka kita bisa bereksperimen dengan lebih mudah. Membuat beragam jenis tampilan web menjadi lebih elegan dan lebih menarik.

Membuat web app yang lebih handal

Jangan tanya soal kehandalan yang dimiliki oleh ExpressJS. Banyak para developer web app yang beralih menggunakan ExpressJS. Hal ini karena web app yang dibuat dengan menggunakan ExpressJS akan jauh lebih handal.

Lebih hemat waktu dalam proses pengerjaannya

Satu lagi hal menarik yang diberikan oleh ExpressJS yaitu memungkinkan para developer untuk membuat web app yang jauh lebih cepat ketimbang node.js. ExpressJS lebih sederhana dengan beraga fitur yang lebih fungsional dan mudah digunakan.

Sejarah ExpressJS

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu ExpressJS, maka kita harus paham dengan baik histori dibalik ExpressJS itu sendiri. Secara histori, ExpressJS ini didirikan oleh TJ Holowaychuk. Menurut penuturan TJ Holowaychuk, ia mendirikan ExpressJS ini karena terinspirasi oleh Sinatra, sebuah perusahaan aplikasi web yang cukup terkemuka.

ExpressJS pertama kali rilis pada tahun 2010 tepatnya di tanggal 22 Mei. Sedangkan untuk v.12  di terbitkan 4 tahun setelahnya yaitu pada tahun 2014. Sedangkan hak pengelolaannya diperoleh strongloop yang diakuisi oleh IBM pada tahun 2015.

Setelah itu, pihak IBM mengumumkan bahwa ExpressJS ini akan di tempatkan di bawah pengawasan inkubator node.js Foundation.

Cara Instal ExpressJS

Sebelum kita bisa menggunakan ExpressJS, langkah pertama yang harus di lakukan adalah menginstal ExpressJS itu terlebih dahulu. Ada 2 cara yang bisa dilakukan ketika anda akan menginstal ExpressJS, yaitu:

Instal ExpressJS secara manual

  • Silahkan buka terminal
  • Kemudian buat direktori baru, contohnya: ExpressJS-instal-manual
  • Berikutnya buka direktori tadi, lalu jalankan command npm untuk jadikan direktori tadi jadi proyek node.js
  • Isi beberapa pertanyaan sesuai kebutuhan
  • Tekan enter
  • Silahkan mulai instal ExpressJS dengan comand: $ npm install –save Express
  • ExpressJS siap digunakan

Instal ExpressJS secara otomatis

  • Install ExpressJS generator terlebih dahulu: $ npm install Express-generator -g
  • Pastikan sudah terinstal dengan command seperti ini: $ Express -h
  • Lalu kamu jalankan command: $ Express myapp
  • Command tersebut akan membaut kita direktori baru dengan nama my app, anda bisa ganti sesuai kebutuhan
  • Jalankan Express   web app dengan command ini: npm start
  • Selesai

Itulah sekilas dengan apa itu ExpressJS, semoga artikel ini bermanfaat.

Tag

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.